Faktor Diskonto

0
2269

(Present Value)

Dalam bidang keuangan, perbankan maupun asuransi ada istilah yang dikenal dengan faktor diskonto atau present value. Faktor diskonto adalah nilai sekarang dari satu unit mata uang yang dibayarkan satu tahun dari sekarang. Faktor diskonto dinotasikan dengan v. Jika ingin mengakumulasikan satu unit mata uang pada akhir tahun maka besar pokok senilai v akan diinvestasikan pada awal tahun dengan suku bunga tahunan sebesar i. faktor diskonto dapat dihitung sebagai berikut:

Jika hendak mengakumulasikan satu unit mata uang dalam waktu beberapa tahun, nilai faktor diskonto yang ingin kita temukan dapat menggunakan rumus sebagai berikut :

Dimana :

V = faktor diskonto

i = suku bunga yang digunakan

t = banyaknya tahun

faktor diskonto atau present value diperoleh dari rasio atau pembagian antara jumlah uang yang ingin didapatkan dimasa yang akan datang dibagi dengan perpangkatan dari penjumlahan antara jumlah uang yang ingin didapat dengan bunga yang digunakan. Menarik untuk kita perhatikan bahwa, jumlah penyebut dalam pembagian tersebut lebih besar dibanding dengan pembilang sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pembagian nya akan lebih kecil. atau dengan kata lain faktor diskontonya memiliki hasil cenderung kecil.

untuk mempermudah penjelelasan di atas, perhatikan contoh berikut !

seseorang ingin menginvestasikan uang di bank dalam waktu beberapa tahun. Misalkan, ia ingin jumlah uangnya menjadi 10 juta dalam waktu 5 tahun kemudian. dengan tingkat suku bunga 5% pertahun. Kita dapat menghitung jumlah uang yang harus di investasikan agar dalam waktu 5 tahun jumlah uang yang diterima sebesar 10 juta. Dengan menggunakan rumus faktor diskonto diatas, jumlah uang yang harus di investasikan sebesar 7.835.261,65. Dari contoh ini, dapat ditarik dua kesimpulan bahwa faktor diskonto merupakan nilai sekarang (present value) dari sejumlah uang yang ingin kita peroleh dari hasil investasi di waktu yang akan datang. Kemudian kesimpulan kedua yang diperoleh ialah nilai sekarang (present value) jumlah nya lebih kecil dari jumlah uang yang akan kita peroleh di waktu yang akan datang.

Kehidupan manusia merupakan kehidupan yang didalamnya melibatkan faktor diskonto.  Apapun yang kita kerjakan selama di bumi ini merupakan nilai sekarang yang kita investasikan untuk memperoleh sesuatu diwaktu yang akan datang. Umumnya orang menginvestasikan uang yang mereka miliki sebagai bentuk jaminan. Sedikit dari kita yang menyadari bahwa ada yang jauh lebih penting bahkan sangat genting untuk kita investasikan dikehidupan kekal nanti. Apa itu ? roh yang terdapat dalam diri kita masing-masing. roh ini yang bersifat kekal. roh (manusia) ini yang harus di investasikan.roh ini yang memiliki nilai. roh (manusia) ini yang harus dikembangkan agar bernilai di kekekalan nanti. roh yang terdapat dalam diri manusia merupakan tempat Tuhan berbicara,tempat Tuhan memberitahukan kehendakNya (Amsal 20 : 27). Yang perlu dilakukan adalah bagaimana kita mampu membuat roh dalam diri kita menjadi berfungsi semestinya.  Artinya kita berusaha menemukan kehendak Tuhan. apapun yang kita lakukan tujuannya untuk Tuhan dan kepentinganNya. Semakin kita menemukan dan melakukan kehendakNya semakin kita benilai. Kalau kita mau sadari Kesempatan melakukan kehendak Tuhan dibumi ini hanya selama kita hidup. Artinya terbatas. kalau kita mau lebih sadari lagi, apa yang kita dapat dimasa yang akan datang ? hidup kekal. tidak terbatas. yang kita dapatkan jauh lebih besar dari apa yang investasi. Melakukan sesuatu yang ada batasnya untuk memperoleh yang tidak terbatas. inilah faktor diskonto kehidupan.

 

(YES)

Leave a Reply