Mawar Berduri

0
661

Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh dibelahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya tanaman semak berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2-5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat ditanaman lain bisa mencapai 20 meter. Seperti yang kita tahu Mawar memang cantik namun ia juga punya duri tajam pada batangnya. Duri tersebut memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Bunga mawar berduri sebagai pertahanan dari musuh (baik dari binatang maupun dari manusia) yang ingin mengambil/memakan bunga tersebut.
  2. Bunga mawar berduri sebagai pengait unutk merambat menuju datangnya sinar matahari.
  3. Bunga mawar berduri supaya dapat menghindari terjadinya erosi.

 

Karena bunga mawar merupakan bunga yang indah maka ia sering dipakai untuk menyatakan cinta kepada seorang wanita. Keindahan bunga mawar juga sering dipakai untuk menggambarkan sosok wanita cantik  yang berusaha meraih nya namun berhati-hati pada durinya. Seorang pria berusaha mendapatkan perhatian dari sang wanita cantik tersebut  dengan berbagi macam cara salah satunya dengan memujanya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa wanita lemah dipendengarannya, maksudnya wanita sering terlena dengan pujian atau kata-kata manis, rayuan manja (termasuk perhatian-perhatian basi) yang dilontarkan dari mulut pria. Wanita bukan nya tidak tahu kalau pria sering memanfaatkan kelemahannya itu, wanita tahu hanya saja mereka males untuk bangkit dari posisi nyaman mereka itu (keadaan atau posisi dimana mereka dipuja melalui rayuan maut pria).

 

Wanita itu mudah luluh, pertama mereka akan mulai luluh dari kata-kata indah yang didendangkan masuk ke telinga, kemudian masuk ke dalam relung hati (perasaan) yang terus dikembangkan sehingga membuat si wanita merasa nyaman dan terbiasa. Setelah merasa nyaman (hati melekat), maka cenderung otak tak berfungsi sehingga hati lah yang mengambil keputusan (ini dalam kondisi hati sudah melekat ke pria itu). Akhirnya si mahluk perasa menjatuhkan pilihan pada pria yang sudah melekat dihatinya. Seharusnya sang wanita perlu mempertimbangkan bibit bobot seorang pria yang akan diajak mengarungi hidup bersama namun karena hati sudah melekat pilihan juga menjadi tidak obejektif, tapi subjektif karena berdasarkan hal yang menyenangkan saja.

 

Seperti mawar memiliki duri yang merupakan bagian dari dirinya. Wanita yang digambarkan seperti bunga mawar harus memiliki duri dalam dirinya, loh maksudnya gimana?wanita berduri?Seperti yang sudah dijelaskan diatas duri mawar berfungsi sebagai pertahanan. Tadi diatas kita sempat membahas bahwa mawar sering diilustrasikan sebagai wanita cantik, nah sekarang kita juga mau mengilustrasikan  duri pada bunga mawar tersebut ibarat nya itu seperti Firman Tuhan. Seperti mawar memiliki duri maka seperti itulah wanita harus memiliki Firman yang menjadi bagian dalam dirinya (menyatu). Firman Tuhan yang menyatu dengan hidup wanita (sang mawar) akan melindung wanita dari berbagai  jerat dunia ini. Sebab firman yang telah menyatu dalam diri seseorang akan memaksa orang tersebut untuk melakukan firman itu dalam kehidupan sehari-hari.

 

Wanita harus memiliki firman dalam hidupnya, sebab firman itulah yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan sesuatu termasuk soal pasangan hidup yang akan mendampinginya seumur hidupnya untuk melayani Tuhan. Wanita yang tidak tinggal dalam firman akan sembarangan dalam hidup, ia akan merelakan hatinya melekat pada siapa saja yang membuat nya nyaman tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu. Selain itu firman sangatlah penting dalam kehidupan seorang wanita karena dengan firman ia mampu menemukan fungsi nya yakni menjadi penolong (Kejadian 2:18-20). Bukan suatu kebetulan wanita diciptakan punya kemampuan multi tasking (melakukan 2-3 pekerjaan secara bersamaan),kemudian bukan sebuah kebetulan bahwa survey membuktikan sejak kecil bayi perempuan lebih cerewet dibanding bayi laki-laki hal ini membuktikan bahwa bayi perempuan memang menyerap dan mengeluarkan kata-kata yang lebih banyak dari laki-laki sebenarnya hal- hal ini sangat membantu loh fungsi dalam menjadi penolong. Wanita harus mengenal firman supaya ia dapat melayani Tuhan, maksudnya adalah wanita akan menopang dan menolong tugas yang Tuhan berikan pada suami dan selain itu wanita juga harus tunduk pada suami maka idengan begitu ia melayani Tuhan. Maka penting bagi wanita untuk menemukan calon suami atau pendamping nya adalah orang yang sudah menemukan panggilan Tuhan dalam suatu bidang yang di dalam nya ia mampu mengembangkan potensi nya, inilah arti melayani Tuhan bagi seorang pria. Wanita yang tidak belajar kebenaran Firman tak mampu melihat dan mempertimbangkan hal ini dalam memilih pasangannya. So sang pria harus menemukan Tuhan dan kehendakNYA begitu juga dengan wanita, karena menikah itu melayani Tuhan.

 

Satu hal lagi yang kita juga harus belajar dari mawar berduri bahwa mawar memiliki umur  +/- 1-2 minggu, dan umur manusia +/- 70 tahun itu artinya mawar dan manusia  sama-sama memiliki umur yang pendek. Oleh sebab itu lebih dari apapun mari mempersiapkan diri kita  untuk menyambut kedatangan Tuhan yang semakin dekat, supaya  kita layak menjadi mempelai-mempelaiNYA, amin.

Leave a Reply